IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS VII SMPN 1 BABAT

Main Authors: RAHMA, MIFTACHUL, , SULIYANAH, QOSYIM, AHMAD
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Surabaya , 2015
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/12470
Daftar Isi:
  • Abstrak  Keterampilan berpikir kreatif merupakan kompetensi yang penting untuk dikembangkan dalam era globalisasi. Berpikir kreatif dapat menciptakan kemungkinan-kemungkinan untuk memecahkan masalah yang tidak mampu kita duga yang akan timbul di masa depan. Keterampilan berpikir kretif dapat dilatihkan melalui pemecahan masalah. Pemecahan masalah dipandang sebagai sarana untuk menumbuhkan kreativitas. Model pembelajaran PBL dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang diterapkan, untuk melatih kemampuan berfikir kreatif, karena pembelajaran  ini berdasarkan pada masalah autentik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas siswa, (2) mendeskripsikan hasil belajar, dan (3) mendeskripsikan tingkat keterampilan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini menggunakan pre-exsperimental design dengan one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII H SMP Negeri 1 Babat Lamongan. Parameter dalam penelitian ini adalah mengetahui tingkat keterampilan berpikir kreatif siswa setelah diterapkan Model PBL. Perangkat pembelajaran terdiri dari silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, LKS dan handout. Instrumen yang digunakan adalah lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar aktivitas siswa, soal tes aspek pengetahuan, dan soal keterampilan berpikir kreatif siswa. Hasil penelitian menunjukkan (1) keterlaksanaan pembelajaran memperoleh skor rata-rata 3,49 dengan kriteria baik, persentase jumlah siswa yang melakukan aktivitas keterampilan berpikir kreatif mengalami peningkatan rata-rata sebesar 16,88%;     (2) hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan mengalami peningkatan sebesar 0,59 dengan kategori sedang. Pada aspek sikap, jumlah siswa paling banyak memperoleh predikat baik. Pada aspek keterampilan, jumlah siswa paling banyak memperoleh predikat A; (3) tingkat keterampilan berpikir kreatif siswa mengalami peningkatan sebesar 0,49 dengan kategori sedang. Kata kunci :            Problem Based Learning, pencemaran lingkungan, hasil belajar, dan keterampilan berpikir kreatif.     Abstract : Creative thinking skills are important competencies to be developed in globalization. Creative thinking can create possibilities for solving problems that we can not expect that will arise in future . Creative thinking skills can be trained through problem solving. Problem solving viewed as a means to foster creativit . A model of learning PBL can be used as one alternative model applied learning , to train the ability of creative thinking because this learning is based on authentic problem. The Research have a purpose to (1) describe the learning process, student activity, (2)s describe the student result, and (3) describe the student ability to think creatively using PBL. This Research used pre-exsperimental design with one-group pretest-posttest design The subjects of this study were students in seventh grade of  SMP Negeri 1 Babat Lamongan. The parameters in this study was to determine the level of creative thinking after implementation of PBL. The tools of teaching and leaning  process consist of syllabus, lesson plan, student worksheet and handout. This study used many instruments such as successfulness of learning sheet, management of learning sheet, student activity sheet, The task about aspects of knowledge and the task about creative thinking skill. The results showed (1) the successfulness of this study has average score 3,49 in good category, the percentage of students who performed the activities has increased by 16,88%; (2) The Student result in aspects of knowledge has increased by 0.59 in medium category. The amount of the students that got a good  predicate in attitude aspect. There were many students that got A predicate in skill aspects; (3) the Level of creative thinking skills of the students has increased by 0.49 in medium category. Keywords : Problem Based Learning, environmental pollution, student result, and creative thinking skills