IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS VII SMP NEGERI 2 BOJONEGORO MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN
Main Authors: | GITA PERTIWI, DIANTIKA, SUGIARTO, BAMBANG, ASTRIANI, DYAH |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Surabaya
, 2015
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/12453 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian implementasi model pembelajaran Guided Discovery, bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar dan respon siswa. Penelitian ini menggunakan Pre-Experimental dengan One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Bojonegoro. Hasil penelitian menujukkan skor rata-rata keterlaksanaan pembelajaran pada pertemuan pertama dan kedua masing-masing sebesar 3,63 dan 3,77 dengan kategori sangat baik. Hasil belajar kompetensi sikap sebesar 74% memperoleh predikat sangat baik, kompetensi pengetahuan terjadi peningkatan sebesar 1,01 dan berdasarkan uji gain ternomalisasi diperoleh sebesar 74% dengan kategori sedang. Hasil belajar kompetensi keterampilan sebesar 26% memperoleh predikat A. Siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran dengan model Guided Discovery pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sebesar 97,20%. Kata kunci : Guided Discovery, interaksi makhluk hidup dengan lingkungan, hasil belajar, dan respon siswa. Abstract This research aims to describe learning process, student result and student response. This research uses Pre-Experimentalwith One Group Pretest-Posttest Design. The sample of this research is students of VII B class in SMP Negeri 2 Bojonegoro. This research shows learning process of first and second lesson get score 3,63 and 3,77 in very good category. Student result at attitude aspect shows 74% get very good predicate, knowledge aspect increases 1,01 and based on N-gain test get 74% in medium category. Student result at creativity aspect shows 26% get A predicate. Students give positive response to learning with Guided Discovery model at living organisms interaction with environment is 97,20%. Keywords : Guided Discovery, living organism interaction with environment, and student response