PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA TERPADU TIPE CONNECTED PADA MATERI PELAJARAN BAHAN KIMIA DALAM MAKANAN DAN SISTEM PENCERNAAN

Main Authors: TRI ROSILAWATI, RINA, PRATIWI PUSPITAWATI, RINIE
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Surabaya , 2015
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/12452
Daftar Isi:
  • Abstrak Telah dilakukan penelitian pengembangan bahan ajar IPA Terpadu Tipe Connected pada materi pelajaran bahan kimia dalam makanan dan sistem pencernaan yang berupa buku siswa dan lembar kegiatan siswa (LKS) untuk siswa kelas VIII SMPN 1 Trawas Mojokerto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan bahan ajar IPA Terpadu Tipe Connected yang berupa buku siswa dan lembar kegiatan siswa (LKS),dan respon siswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Rancangan penelitian ini menggunakan model 4-D (4-D Models) dan dibatasi sampai pada tahap pengembangan (develop). Bahan ajar yang dikembangkan divalidasi oleh 2 dosen FMIPA Unesa dan 1 guru IPA SMPN 1 Trawas Mojokerto yang kemudian diuji coba terbatas kepada 16 siswa kelas VIII SMPN 1 Trawas Mojokerto. Hasil validasi buku siswa dan LKS berturut-turut memperoleh nilai rata-rata 76,69% dan 90,00% dengan kriteria layak dan sangat layak. Siswa memberikan respon positif sebesar 82,08%.  Kata kunci : pengembangan bahan ajar, IPA Terpadu, Bahan kimia dalam makanan dan sistem pencernaan Abstract It has been done development research of teaching material integrated science connected type on subject matter chemichal material in food and digestion system consist of student’s book and student worksheet for student in VIII grade SMPN 1 Trawas Mojokerto. The aims of the research are to know the properness of teaching material those are student’s book and student worksheet, and the student responses of this teaching material. This research design uses 4D-models and limited in develop step. This teaching material is validated by 2 lecturers FMIPA Unesa and 1 science teachers SMPN 1 Trawas Mojokerto and then limited tried out to 16 studentd in VIII grade SMPN 1 Trawas Mojokerto. The validation’s result of student’s book and student worksheet obtained average scores 76,78% and 90,00% with proper criteria and very proper criteria. Student give positive responses as much as 82,08%.  Key word : teaching material development, integrated science, chemical material in food and digestion system.