PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BLOG BERORIENTASI LITERASI SAINS PADA SUB MATERI PERPINDAHAN KALOR

Main Authors: TRI PRAVITASARI, OVITA, WIDODO, WAHONO, PURNOMO, TARZAN
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Surabaya , 2015
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/12427
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran blog berorientasi literasi sains pada materi perpindahan kalor, peningkatan literasi sains, dan respon siswa.  Jenis penelitian ini adalah pengembangan yang mengacu pada model desain instruksional 4-D yang dikemukakan oleh Thiagarajan. Sasaran yang digunakan adalah siswa kelas VII-B SMPN 22 Surabaya berjumlah 16 siswa. Instrumen yang digunakan meliputi lembar telaah, lembar validasi, lembar angket respon siswa, dan soal tes literasi sains. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran blog yang telah dikembangkan dinyatakan layak berdasarkan penilaian kriteria isi dan tujuan sebesar 91,67%, kriteria bahasa mendapatkan persentase sebesar 93,33%, kriteria penyajian mendapatkan persentase sebesar 92,71%, kriteria akses blog mendapatkan persentase sebesar 95,83%, kriteria interaksi dalam blog mendapatkan persentase sebesar 100% dan kategori literasi sains mendapatkan persentase sebesar 93,06%. Media pembelajaran blog yang dikembangkan telah mendapatkan respon positif siswa berdasarkan kriteria tampilan blog,kriteria kebahasaan blog, kriteria penyajian blog, kriteria isi blog, dan kriteria akses blog,berturut-turut adalah 90,63%; 96,88%; 87,50%; 96,88% dan 100% dengan kategori sangat baik.Perkembangan kemampuan literasi sains siswa setelah kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran blog berorientasi literasi sains mengalami peningkatan dengan N-Gain sebesar 0,39. Rata-rata skor yang diperoleh siswa pada kegiatan pretest adalah 30 dan berada pada level 2, sedangkan rata-rata skor yang diperoleh siswa pada kegiatan postest adalah 57,25 dan berada pada level 4. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran blog yang telah dikembangkan dapat meningkatkan literasi sains siswa dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Media pembelajaran blog, literasi sains   Abstract This research aimed to describe the feasibility blog media learning oriented scientific literacy in the heat transfer suptopic, increase science literacy and student response. This type of research is the development which refers to the model of instructional design 4-D proposed by Thiagarajan. Targets were used students of classVII-B SMPN 22 Surabaya with 16 students. Instruments used include research sheet, validation sheet, student questionnaire responses sheet, and science literacy questions test.The results is blog media learning that has been developed declared feasible based assessment of content and aim criteria 91.67%,the language criteria is 93.33% percentage, presenting criteria is 92.71% percentage, blog access criteria is  95.83% percentage,  interaction in blog is 100%percentage and the categories of science literacy 93.06% percentage.Developed blog media learning has received positive responses of students based on criteria blog, blog language criteria, presenting blog criteria, blog content criteria, and access to blog criteria, respectively is90.63%; 96.88%; 87.50%; 96.88% and 100% with very good category.The development of students' science literacy skills after learning activities using blog media learning oriented scientific literacy increased with N-Gain of 0.39. The average scores obtained by students in activities pre-test is 30 and at level 2, while the average scores obtained by students at post-test activities are 57.25 at level 4. It can be concluded that the blog media learning that has been developed can improve the scientific literacy of students and feasible for use in the process learning.  Keywords: blog media learning scientific literacy.