IMPLIKASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI PERPINDAHAN KALOR

Main Authors: MUSTIKAWENI, RISMA, WIDODO, WAHONO, SRI PRASTIWI, MUJI
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Surabaya , 2015
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/12371
Daftar Isi:
  • Abstrak   Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses belajar mengajar yang dilaksanakan di SMP Negeri 21 Surabaya. Diketahui masih banyak siswa yang kurang aktif saat kegiatan belajar mengajar sehingga hasil belajar siswa rendah. Hal ini dikarenakan pemilihan metode yang belum tepat didalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran belum bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi perpindahan kalor dan keterampilan proses sains siswa. Jenis penelitian yang dilakukan menggunakan pre exprerimental dengan desain penelitian “One Group Pretest – Posttest Design”, yang  menggunakan satu kelas sebagai sasaran penelitian yaitu kelas VII-C yang berjumlah 39 siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi perpindahan kalor dapat terlaksana secara keseluruhan dengan kategori sangat baik. Keterampilan proses sains siswa di SMP Negeri 21 Surabaya termasuk dalam kategori sangat baik. Kata kunci: Model pembelajaran inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains, perpindahan kalor.    Abstract                      This research is motivated by the learning process is carried out in SMP Negeri 21 Surabaya. It is known there are many students who are less active during learning activities so that a low student learning outcomes. This is cause by selection method is not appropriate in the process of learning so that learning is not meaningful. This study aimed to describe learning model guided inquiry on heat transfer and material science process skills of students. This type of research is carried out using a pre exprerimental with design research "One Group Pretest - Posttest Design", which uses the class as a target of research that is class VII-C, amounting to 39 students. The research was conducted during two meetings. The results showed that keterlaksanaan using guided inquiry learning model on the material of heat transfer can be accomplished as a whole with very good category. Science process skills of students in SMP Negeri 21 Surabaya included in the excellent category. Keywords: Model guided inquiry learning, science process skills, heat transfer.