IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY PADA MATERI KALOR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS

Main Authors: NURHAYATI, ANA, WIDODO, WAHONO, RATNASARI, EVIE
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Surabaya , 2015
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/12370
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, keterampilan proses sains siswa, dan respon siswa terhadap model pembelajaran guided discovery. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pre-experimental atau eksperimen semu, dengan rancangan penelitian one group pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 21 Surabaya tahun ajaran 2014/2015. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-D, diambil dengan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan dalam menganalisis data keterlaksanaan pembelajaran adalah dengan menghitung rerata skor setiap aspek pembelajaran berdasarkan kriteria keterlaksanaan pembelajaran, metode analisis data peningkatan keterampilan proses sains menggunakan N-Gain dan Uji-t,   sedangkan metode yang digunakan dalam menganalisis data respon siswa adalah dengan menghitung rerata persentase respon positif dan negatif siswa. Hasil penelitian menunjukkan, keterlaksanaan model pembelajaran guided discovery berlangsung efektif, dengan peningkatan skor rerata dari pertemuan 1 dan pertemuan 2, yaitu sebesar 3,62 (kriteria sangat baik) pada pertemuan 1 dan 3,83 (kriteria sangat baik) pada pertemuan 2. Berdasarkan hasil perhitungan dengan uji normalitas diperoleh X2hitung (9,38) < X2tabel (11,1), ini berarti sampel berdistribusi normal. Dari analisis uji N-Gain menunjukkan adanya peningkatan untuk setiap aspek keterampilan proses sains yang dilatihkan. Peningkatan pada aspek mengamati 42%, merumuskan masalah 55%, membuat hipotesis 37%, pengontrolan variabel 89%, menyimpulkan 21% dan mengkomunikasikan 66%. Perbedaan hasil pre-test dan post-test dinyatakan mengalami perbedaan signifikan, hal ini didasarkan dari hasil uji-t diperoleh thitung (27,2) > ttabel (11,1) dengan taraf signifikan α = 0,05. Siswa memberikan respon positif yang sangat kuat terhadap model pembelajaran guided discovery, dengan persentase siswa yang memberikan respon positif sebesar 87,7%.     Kata kunci : Guided Discovery, Keterampilan Proses Sains         Abstract This research is purposed to describe the implementation of learning, science process skill of student’s, and student's response through guided discovery learning model. This research is a pre-experimental, research by using one group pre-test post-test as design research. The population is junior high school student of SMP Negeri 21 Surabaya year 2014/2015. Students of class VII-D are taken as sample, by using purposive sampling technique. In order to analyze learning implementation, the researcher computes mean score of each learning aspect based on criteria of learning implementation, student's science process skill increase will be analyzed by using N-Gain and t-test, while students' response data will be analyzed by finding mean of positive and negative response percentage. The result of this research shows that the implementation of guided discovery learning model is effective, shown by the inceeasing of mean score from the first meeting and the second meeting is 3,62 (very good criteria) and 3,83 (very good criteria). Based on normality test result, X2hitung (9,38) < X2tabel (11,1), it means that the sample is normally distributed. The analysis of N-Gain test shows the inceasing of each student's science process skill trained aspect. Improvement in the aspect observe 42% , formulate problems 55% , make hypotheses 37% ,  controlling variables 89%, concluded 21% and  communicate 66%. The difference between pre-test and post-test result is significant, t-test shows thitung (27,2) > ttabel (11,1) with α = 0,05. Student shows very strong positive responses through guided discovery learning model with percentage 87,7% of positive response.  Keyword : Guided Discovery, Science Process Skill