PENERAPAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL
Main Authors: | JANNAH, MIFTAHUL, INDANA, SIFAK, , MARTINI |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Surabaya
, 2015
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/12369 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang (1) keterlaksanaan pembelajaran Discovery Learning pada materi Pemanasan Global, (2) peningkatan keterampilan proses sains siswa (3) hasil belajar siswa dan (4) respon siswa pada materi Pemanasan Global. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pra-eksperimental dengan rancangan one group pre-test post-test design. Sasaran penelitiannya adalah siswa kelas VII-D SMP N 26 Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil keterlaksanaan pada pertemuan pertama 3,33 (baik), pada pertemuan kedua 3,49 (baik) dan pada pertemuan ketiga 3,62 (sangat baik). Hasil analisis pada uji Gain Score menunjukkan adanya peningkatan secara keseluruhan keterampilan proses sains sebesar 0,84 (tinggi). Hasil belajar siswa, penilaian sikap spiritual dan sosial memperoleh persentase secara keseluruhan sebesar 87,5% (baik sekali) dan 84% (baik sekali). Penilaian pengetahuan mengalami kenaikan ketuntasan yaitu dari 42,% menjadi 100%. Penilaian keterampilan memperoleh persentase ketuntasan secara keseluruhan sebesar 92,1%..Siswa memberikan respon jawaban positif sebesar 89,47%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis Discovery Learning dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas VII-D SMP N 26 Surabaya. Kata kunci : Lembar Kegiatan Siswa (LKS), Discovery Learning, Keterampilan Proses Sains Abstract This study to describe about (1) feasibility model of Discovery Learning in Global Warming (2) improvement of students' science process skills (3) the results of student learning, and (4) the student's respone of Global Warming. This type of research is the study of pre-experimental design with one group pre-test post-test design. Target of research is class VII-D SMP N 26 Surabaya. The results showed that the results of feasibility at the first meeting of 3.33 (good), at the second meeting of 3.49 (good) and the third meeting of 3.62 (very good). The analysis of Score Gain test showed an increase in overall science process skills 0.84 (high). Student learning outcomes, assessment spiritual and social attitudes obtain an overall percentage is 87.5% (excellent) and 84% (excellent). Assessment of knowledge has increased thoroughness that of 42,% to 100%. Assessment skills gained mastery overall percentage of 92.1%. Students responded positively answer by 89.47%. It can be concluded that the LKS-based Discovery Learning can be used to enhance the science process skills class VII-D SMPN 26 Surabaya Keywords: Worksheets, Discovery Learning, Science Process Skills