IMPLEMENTASI SCIENTIFIC APPROACH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI INTERAKSI ANTAR MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA

Main Authors: BETRIC RATNAWATI, ERLIS, RACHMADIARTI, FIDA, NURITA, TUTUT
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Surabaya , 2015
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/12336
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimental yang bertujuan untuk melihat keterlaksanaan pembelajaran, peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa, hasil belajar siswa, dan respon siswa setelah mengikuti pembelajaran Scientific Approach. Rancangan penelitian yang digunakan adalah “One Group Pretest Posttest Design” dengan sasaran penelitian yaitu siswa kelas VII-2 SMP Al-Falah Deltasari, Waru Sidoarjo tahun ajaran 2014-2015. Pelaksanaan penelitian dilakukan selama tiga kali pertemuan, siswa diberikan pretest pada awal pertemuan dan posttest pada akhir pertemuan untuk melihat peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran Scientific Approach pada materi interaksi antar makhluk hidup dengan lingkungannya sudah terlaksana dengan presentase 100%, kegiatan 5M pada pertemuan 1 memiliki rata-rata skor sebesar 3,8 dengan kriteria sangat baik, pertemuan 2  dan pertemuan 3 memiliki rata-rata skor sebesar 3,9 dengan kriteria sangat baik. Dari hasil analisis Gain Score, sebanyak 10 siswa tergolong peningkatan tinggi, 24 siswa tergolong peningkatan sedang, dan 4 siswa tergolong peningkatan rendah. Hasil belajar semua siswa tuntas dengan nilai rata-rata 3,53(A-). Respon siswa terhadap pembelajaran Scientific Approach mempunyai respon yang positif.  Kata kunci : Scientific Approach, Keterampilan Berpikir Kreatif, Respon   Abstract                 This study is a pre-experimental study aimed to look at the feasibility study, an increase in creative thinking skills of students, student learning outcomes and student response after learning to follow the Scientific Approach. The research design used is "One group pretest posttest Design" targeted research that students of class VII-2 junior Al-Falah Deltasari, Waru Sidoarjo 2014-2015 school year. Implementation of the research conducted during three meetings, students were given a pretest at the beginning of the meeting and a posttest at the end of the meeting to see an increase in students' creative thinking skills. Results of research and data analysis showed that the learning Scientific Approach on material interactions between living beings with the environment has been implemented with a percentage of 100%, 5M activities at the meeting of 1 had an average score of 3.8 with the criteria very well, meeting 2 and 3 meetings have the average score of 3.9 with the criteria very well. From the analysis Score Gain, a total of 10 students classified as high an increase, an increase of 24 students classified as moderate, and 4 students classified as low improvement. Learning outcomes of all students completed with an average value of 3.53 (A-). Students' response to the learning Scientific Approach has a positive response.  Key words: Scientific Approach, Creative Thinking Skills, Response