IMPLEMENTASI SCIENTIFIC APPROACH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA PADA MATERI INDERA PENGLIHATAN DAN ALAT OPTIK
Main Authors: | DYAH WULANDARI, NOVITA, RACHMADIARTI, FIDA, , MARTINI |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Surabaya
, 2015
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/12335 |
Daftar Isi:
- Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, proses pembelajaran metakognitif, peningkatan keterampilan metakognitif, dan ketuntasan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran scientific approach pada materi indera pengelihatan dan alat optik. Rancangan penelitian yang digunakan adalah “One Group Pretest Posttest Design” dengan sasaran penelitian yaitu siswa kelas VIII-F SMP Negeri 1 Mojokerto. Teknik pengumpulan datanya meliputi metode observasi, metode tes, dan metode angket. Hasil penelitian dan analisis data, menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran scientific approach (5M) pada pertemuan I, II, dan III didapat skor rata-rata berturut-turut 3,7; 3,9; 4,0 sehingga termasuk kategori sangat baik. Dari hasil skor rata-rata pre-test dan post-test diperoleh peningkatan dari perhitungan N-Gain sebesar 0,7 dengan kriteria tinggi. Peningkatan keterampilan metakognitif tertinggi terjadi pada komponen pemantauan diikuti dengan komponen perencanaan dan terendah pada komponen evaluasi. Ketuntasan hasil belajar aspek pengetahuan sebesar 91,1%. Kata kunci: Indra Penglihatan dan Alat Optik, Keterampilan Metakognitif, Pembelajaran Scientific Approach. Abstract This research purpose is to know how the education process be done, metacognitive education process, how to increase metacognitive skills, and to understand how the students taking the scientific approach learning responds on eyesight and optical devices subject. This research using “One Group Pre-Test Post-test Design” method on grade VIII-F students at SMP Negeri 1 Mojokerto. Observation technique is used including observation, test and questionnaire method. This research shows that the scientific approach (5M) learning on three classes got 3.7; 3.9; 4.0 at average score. These scores is remarkably good. From average score at pre-test and post-test there is increasing N-Gain at 0.7 with high criteria. Metacognitive skill highest point did occurred on monitoring component followed with planning component and the lowest point did occurred on evaluation component. Student knowledge aspect on studies at 91.1%. Keywords: eye sight and optical devices, metacognitive skills, Scientific Approach Learning.