PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 MANIANGPAJO (STUDI PADA MATERI POKOK LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT)

Main Authors: ., Hasrida; Universitas Negeri Makassar, Salempa, Pince; Universitas Negeri Makassar
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Pasca Sarjana UNM , 2018
Online Access: http://ojs.unm.ac.id/CER/article/view/5611
http://ojs.unm.ac.id/CER/article/view/5611/3263
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran discovery learning terhadap pemahaman konsep peserta didik; (2) ada tidaknya pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran discovery learning terhadap motivasi belajar peserta didik; (3) ada tidaknya pengaruh kemampuan awal tinggi dan rendah terhadap pemahaman konsep peserta didik; (4) ada tidaknya pengaruh kemampuan awal tinggi dan rendah terhadap motivasi belajar peserta didik; (5) ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran discovery learning dengan kemampuan awal tinggi dan rendah terhadap pemahaman konsep peserta didik; (6) ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran discovery learning dengan kemampuan awal tinggi dan rendah terhadap motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Maniangpajo. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling dan kelas yang terpilih adalah kelas X.2 dan kelas X.3. Pengujian hipotesis dilakukan dengan program SPSS menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran discovery learning terhadap pemahaman konsep peserta didik; (2) ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran discovery learning terhadap motivai belajar peserta didik; (3) ada pengaruh kemampuan awal tinggi dan rendah terhadap pemahaman konsep peserta didik; (4) ada pengaruh kemampuan awal tinggi dan rendah terhadap motivasi belajar peserta didik; (5) tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal terhadap pemahaman konsep peserta didik; (6) tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal terhadap motivasi belajar peserta didik.Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Discovery Learning, Pemahaman Konsep, Motivasi Belajar.