Studi Strategi Pemasaran Selama Masa Pandemi Covid 19 Pada UMKM Olahan Tempe Semarang
Main Authors: | Syamsul Hadi, Yuniarto Rahmad Satato, Mochamad Ainan |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
STEKOM PRESS
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://journal.stekom.ac.id/index.php/Bisnis/article/view/882 https://journal.stekom.ac.id/index.php/Bisnis/article/view/882/656 |
Daftar Isi:
- This research is a type of field research, where the author goes directly to the field in processed tempeh SMEs in Tempe Processed Village, Sampangan Village, Gajah Mungkur District, Semarang City. The study used data analysis techniques, namely qualitative methods with a descriptive approach. In analyzing the data, the researcher conducted observations, interviews, and documentation to obtain the required data. The results showed that to survive the COVID-19 pandemic, the efforts made were marketing through social media, promotion through social media and maintaining the quality of products and services from Tempe Processed SMEs.
- Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penulis terjun langsung ke lapangan di UMKM olahan tempe pada Kampung Olahan Tempe Kelurahan Sampangan Kecamatan Gajah Mungkur Kota Semarang. Penelitian menggunakan teknik analisis data yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam menganalisis data, peneliti melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mendapatkan data yang dibutuhkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk bertahan pada masa pandemi covid-19 usaha yang dilakukan adalah melakukan pemasaran melalui media sosial, promosi melalui media sosial dan menjaga kualitas produk dan pelayanan dari UMKM Olahan Tempe.