Analisis Pengaruh Perilaku Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Online Masyarakat Kabupaten Brebes Pada E-Commerce Shoppe

Main Authors: Mohamad Basuni, Roby Setiadi, Gian Fitralisma, Syariefful Ikhwan
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: STEKOM PRESS , 2023
Subjects:
Online Access: https://journal.stekom.ac.id/index.php/Bisnis/article/view/873
https://journal.stekom.ac.id/index.php/Bisnis/article/view/873/689
Daftar Isi:
  • Consumer behavior is the basis for consumers to make purchasing decisions. Consumer behavior is an activity that is closely related to the process of purchasing goods or services. In this study, the independent variable is consumer behavior (X), while the dependent variable is online purchasing decisions (Y). This study aims to examine and analyze the influence of consumer behavior in making online purchasing decisions for the people of Brebes Regency on e-commerce shoppe. The type of research used is quantitative research. The processed data is the result of distributing questionnaires to the public or consumers randomly via google form, the number of population is unknown with a sample of 100 respondents who have been processed using SPSS 22. Data analysis techniques used in this study are validity test, reliability test, test normality, simple linear regression test, coefficient of determination test (R2), and t-test (Partial). Based on the t-test (Partial) shows a positive and significant influence on online purchasing decisions with a value of 0.000 <0.05
  • Perilaku konsumen merupakan dasar bagi konsumen untuk mengambil keputusan pembelian. Perilaku konsumen merupakan suatu kegiatan yang berkaitan erat dengan proses pembelian barang atau jasa. Dalam penelitian ini variabel bebas yaitu perilaku konsumen (X), sedangkan untuk variabel terikat yaitu keputusan pembelian online (Y). Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisa pengaruh perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian online masyarakat Kabupaten Brebes pada e-commerce shoppe. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Data yang diolah adalah hasil dari penyebaran kuesioner kepada masyarakat aau konsumen secara acak melalui google form, jumlah populasi tidak diketahui dengan sampel sebanyak 100 responden yang telah diolah menggunakan SPSS 22. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabelitas, uji normalitas,uji regresi linear sederhana, uji koefisien determinasi (R2), dan uji-t (Parsial). Berdasarkan dari uji-t (Parsial) menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian online dengan nilai 0,000 < 0,05.