The Effect of Liquidity, Profitability, Leverage on Firm Value, CSR as a Moderator
Main Authors: | Tumanan, Natalia, Dyah Ratnawati |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
STEKOM PRESS
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://journal.stekom.ac.id/index.php/Bisnis/article/view/380 https://journal.stekom.ac.id/index.php/Bisnis/article/view/380/258 |
Daftar Isi:
- This research is meant to test the influence of liquidity, profitability, and leverage to the firm value with the corporate social responsibility as the moderating variable. Firm value describes the prosperity of the shareholders. Liquidity, profitability, leverage and corporate social responsibility are the factors which can be a consideration for investors in investing. Methods that used in this research is quantitative method using secondary data obtained through the company’s financial statements. The result of the research shows that: 1) Liquidity has an influence to the firm value. 2) Profitabilitry has an influence to the firm value. 3) Leverage has an influence to the firm value. 4) Corporate social responsibility is unable to moderate the influence of liquidity to the firm value. 5) Corporate social responsibility is unable to moderate the influence of profitability to the firm value. 6) Corporate social responsibility is unable to moderate the influence of leverage to the firm value.
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh likuiditas, profitabilitas, dan leverage terhadap nilai perusahaan dengan pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan sebagai variabel moderasi. Nilai perusahaan mencerminkan kemakmuran para pemegang saham perusahaan. Likuiditas, profitabilitas, leverage, dan pengungkapan CSR merupakan faktor-faktor yang dapat menjadi pertimbangan investor dalam mengembangkan suatu perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh melalui laporan keuangan perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) likuiditas memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan. 2) profitabilitas memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan. 3)leverage memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan. 4) pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan tidak mampu memoderasi pengaruh likuiditas terhadap nilai perusahaan. 5) pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan tidak mampu memoderasi pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan. 6) pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan tidak mampu memoderasi pengaruh pengaruh terhadap nilai perusahaan.