Pengaruh Pembelajaran Akuntansi Berkarakter, Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Akuntansi (Studi Kasus Pada Universitas Victory Sorong)

Main Authors: Solissa, Ferdinando, Putu Anggreyani Widya Astuty
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: STEKOM PRESS , 2020
Subjects:
Online Access: https://journal.stekom.ac.id/index.php/Bisnis/article/view/255
https://journal.stekom.ac.id/index.php/Bisnis/article/view/255/185
Daftar Isi:
  • This study aims to examine the effect of learning accounting character, interest, and learning motivation on learning achievement of accounting students at the University of Victory Sorong. The research was carried out on all students of the Accounting Study Program of the Faculty of Economics and Business, University of Victory Sorong. The data collection method used in this study is a survey method through distributing questionnaires. The sampling technique used was saturated sampling method. Students as the unit of analysis participated as many as 83 students. Data analysis used multiple linear regression with the help of the application of Statistical Package for The Social Science version 22. The results showed that the character of accounting learning, interest, and learning motivation had a positive and significant effect on learning achievement of accounting students.
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pembelajaran akuntansi berkarakter,minat, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswaakuntansi  di Universitas Victory Sorong. Penelitian dilaksanakan pada seluruh mahasiswa Prodi Akuntansi Falkutas Ekonomi dan Bisnis Universitas Victory Sorong. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode survei melalui penyebaran kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu metode sampel jenuh. Mahasiswa sebagai sebagai unit analisis yang berpartisipasi sebanyak 83 mahasiswa . Analisa data menggunakan regresi liner berganda dengan bantuan aplikasi Statistical Package For The Social Science  versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran akuntansi berkarakter, minat, dan motivasi belajar berpengaruh  positif dan signifikan terhadap terhadap prestasi belajar mahasiswa akuntansi.