PENGGUNAAN METODE DISKUSI DAN MEDIA OHP DALAM PEMBELAJARAN ADMINISTRASI PERKANTORAN ANALISIS ADMINISTRASI PROGRAM STUDI D-III ADMINISTRASI NEGARA FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Main Authors: Prasetyo I, , Dian Arlupi Utami, , Meirinawati,
Format: application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Pelangi Ilmu , 2007
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal_pelangiilmu/article/view/5469
Daftar Isi:
  • Abstrak Dalam melaksanakan tugas pengajaran, seorang pengajar dituntut untuk profesional. Selain menguasai pola pengajaran (desain instruksional) juga harus mampu memilih strategi belajar mengajar, baik dalam arti instructional effect maupun effect yang ingin dicapai berdasarkan rumusan tujuan pendidikan yang utuh.Pendekatan strategi belajar mengajar menyangkut beberapa komponen, Yaitu (1) interaksi belajar mengajar, (2) pemilihan metode pengajaran, (3)  pemilihan media pengajaran.             Permasalahan yang dikaji meliputi : (1) aktivitas belajar mahasiswa, (2) hasil belajar mahasiswa, dan (3) tanggapan mahasiswa terhadap strategi belajar mengajar dengan metode diskusi dan media OHP, dengan tujuan memberikan gambaran tentang proses perkuliahan yang berlangsung. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan angket. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas mahasiswa dalam perkuliahan dengan metode diskusi dan media OHP berjalan baik, hal ini dapat dilihat dari indikator mahasiswa yang bertanya, menjawab, memberi bantahan, memberikan saran dan, memberi perhatian, (2) hasil belajar, mahasiswa menunjukkan hasil yang bagus, hal ini dapat dilihat dari   hasil belajar hasil nilai akhir (NA) yang terdiri atas nilai partisipasi, nilai tugas, nilai  ujian tengah semester, dan nilai ujian akhir semester, (3) tanggapan mahasiswa terhadap strategi belajar mengajar yang digunakan dosen ditanggapi dengan baik oleh mahasiswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil angket yang menunjukkan persentase rata-rata di atas 60%.