MENANGANI / COPING STRESS PADA PENDIDIK PAUD SAAT AKREDITASI
Main Author: | Cucu Sopiah, Dyah Kusbiantari, Marini, |
---|---|
Format: | Article info \"application/pdf\" eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
PAWIYATAN
, 2014
|
Online Access: |
http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/pawiyatan/article/view/281 http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/pawiyatan/article/view/281/288 |
Daftar Isi:
- Upaya untuk mengenali dan mendeteksi serta mengevaluasi kelayakan diri dari suatu lembaga PAUD, maka dilakukan diakreditasi. Dalam pelaksanaan akreditasi terlihat tanda-tanda stress yang dialami para pendidik maupun pengelola lembaga PAUDcara untuk mengurangi dan menghilangkan stresnya atau biasa disebut dengan coping stress. Copingyang digunakan yaitu emotion-focused coping dan problem-focused coping. Emotion-focused coping digunakan untuk mengatur respon emosional terhadap stres yang dilakukan melalui dua pendekatan yaitu perilaku dan kognitif. Â Kata Kunci : Penanganan Stress, Akreditasi.