MENANGANI / COPING STRESS PADA PENDIDIK PAUD SAAT AKREDITASI

Main Author: Cucu Sopiah, Dyah Kusbiantari, Marini,
Format: Article info \"application/pdf\" eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: PAWIYATAN , 2014
Online Access: http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/pawiyatan/article/view/281
http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/pawiyatan/article/view/281/288
Daftar Isi:
  • Upaya untuk mengenali dan mendeteksi serta mengevaluasi kelayakan diri dari suatu lembaga PAUD, maka dilakukan diakreditasi. Dalam pelaksanaan akreditasi terlihat tanda-tanda stress yang dialami para pendidik maupun pengelola lembaga PAUDcara untuk mengurangi dan menghilangkan stresnya atau biasa disebut dengan coping stress. Copingyang digunakan yaitu emotion-focused coping dan problem-focused coping. Emotion-focused coping digunakan untuk mengatur respon emosional terhadap stres yang dilakukan melalui dua pendekatan yaitu perilaku dan kognitif. Â Kata Kunci : Penanganan Stress, Akreditasi.