PENGARUH MEDIA PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN ANAK DALAM MENGENAL BENTUK GEOMETRI DI KELOMPOK A TK QOSHRUL UBUDIYAH SURABAYA

Main Authors: Yunita Madya, Tintin, Dorlina S, Nurhenti
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: PAUD Teratai , 2014
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/7357
Daftar Isi:
  • Rendahnya kemampuan anak dalam mengenalkan bentuk geometri pada anak kolompok A TK Qoshrul Ubudiyah Surabaya, disebabkan karena anak belum mengerti bentuk geometri dan proses pembelajaran biasanya menggunakan lembar kerja. Selain itu kemampuan anak dalam mengenal bentuk geometri segitiga, lingkaran dan persegi masih kurang. Pembelajaran dalam pengenalan bentuk geometri pada kelompok A sangat memerlukan strategi pembelajaran dan media yang tepat, maka untuk memaksimalkan kemampuan anak dalam mengenalkan bentuk geometri peneliti mencoba menggunakan media puzzle. Menyusun puzzle bentuk geometri ini dapat meningkatkan kognitif bagi anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media puzzle terhadap kemampuan anak mengenal bentuk geometri dikelompok A TK Qoshrul Ubudiyah Surabaya.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode eksperimen dengan desain Quasi Experimental jenis Nonequivalent Control Group Design. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok A TK Qoshrul Ubudiyah Surabaya dengan jumlah 32 anak, yang terdiri dari kelompok eksperimen A1 sebanyak 16 anak dan kelompok kontrol A2 16 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mann Whitney U-Test dengan rumus yang digunakan adalah thitung < ttabel maka hasil penelitian ini signifikan adanya pengaruh antar dua variabel.Berdasarkan data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah subyek pada saat sebelum perlakuan sebesar 12,25 sedangkan total hasil yang diperoleh pada saat sebelum perlakuan kelompok kontrol sebesar 13,45 hasil perhihitungan dengan uji t diperoleh thitun 0 lebih kecil dari ttabel 2,750 dan hasil pengambilan keputusannya yaitu : Ha diterima karena thitung < ttabel (0 < 2,750). Dari penelitian tersebut menunjukkan peningkatan yang lebih baik, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media puzzle berpengaruh terhadap kemampuan anak dalam mengenal bentuk geometri.Kata kunci : Mengenal bentuk geometri, Media puzzle.ABSTRACTThe low state of children’s ability to understand geometry shape in group A of kindergarden qoshrul ubudiyah Surabaya happen due to children don’t understand yet about geometry shape and usually they learn only from work sheet. Beside that problem the geometry children’s ability to know about triangle, circle, and rectangle are less. Study to introduce geometry shape to student in group A need a strategy and media , so to maximize children’s ability to understand geometry shape, peneliti try to using puzzle. Organizing puzzle can help children to increasing their cognitive ability. It ognitive skills is relate with children’s ability to study and solving problems. It also can increas children’s social skills. This research aims to find out the effect of puzzle media for the knowing geometri shapes skill for children in A group Qoshrul ubudiyah kindergarten Surabaya.This research using experiment method. The method of this research is experiment method with design quasi experimental with nonequivalent control group design.The subjects of the research are 32 children, consists of 16 children for experiment group and control group. The data collecting method used are observation and documentation. Mann whitney u-test is used to analyze the data with the pattern is tcount < ttable, so the result of research is significant there is an effect beewent two variables.Based on the result of the data analysis about the ability in recognizing the concept of the numbers in the first observation (pre-test) and the observation conducted after the treatment (post-test) by playing the puzzle, the average score of the pre test is 12,25 and the average score of post-test is 13,45. Based on the t-test, tcount= -0 that is smaller that ttable = 2,750. The conclusion is: Ha is accepted because tcount< ttable (-2.819<2.048) and Ho is rejected because tcount > ttable (0 >2.750). From this research show a better change. We can conclude that puzzle can effecting children’s ability to understand geometry shape.Key Words : Shape geometry, Puzzle