PENGARUH PERMAINAN DADU KAIN HALUS TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 88 KONANG GLAGAH LAMONGAN
Main Authors: | AYU FATMAWATI, FITRI, Kristanto, Andi |
---|---|
Format: | Article eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
PAUD Teratai
, 2014
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/7352 |
Daftar Isi:
- Penelitian pada anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 88 Konang Glagah Lamongan dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan mengenal lambang bilangan dalam hal membilang, menghubungkan, menunjuk, dan melengkapi urutan bilangan 1-20. Hal ini terlihat ketika pembelajaran, guru meminta anak untuk menunjuk lambang bilangan sesuai dengan perintah tetapi anak masih belum mampu melakukannya, 9 dari 16 anak belum mampu melakukan dengan baik. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini yaitu membuktikan apakah ada pengaruh permainan dadu kain halus terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis pre eksperimen dan desain penelitian one group pretest-posttest. Subyek penelitian berjumlah 16 anak. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dengan alat penilaian berupa lembar observasi. Analisis data menggunakan statistik non parametrik uji jenjang bertanda Wilcoxon (wilcoxon match pairs test) dengan rumus t hitung < t tabel, dimana t hitung < t tabel. maka penelitian ini dikatakan signifikan karena adanya pengaruh dua variabel.Berdasarkan hasil analisis data tentang kemampuan mengenal lambang bilangan pada saat observasi sebelum perlakuan (pre test) dan observasi setelah perlakuan (post test) menggunakan permainan dadu kain halus diperoleh nilai rata-rata hasil pre test 19 dan rata-rata hasil post test 21,75. Hasil perhitungan dengan uji jenjang diperoleh t hitung = 0 lebih kecil dari t tabel = 30 dan hasil pengambilan keputusannya yaitu: Ha diterima karena t hitung< t tabel (0<30) dan Ho ditolak karena t hitung> t tabel (0>30). Simpulan penelitian menunjukkan bahwa permainan dadu kain halus berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 88 Konang Glagah Lamongan. Hal ini membuktikan bahwa permainan dadu kain halus dapat membantu anak untuk mengembangkan kemampuan kognitif terutama mengenal lambang bilangan. Kata Kunci: Permainan, Dadu Kain Halus, Lambang Bilangan. Abstract Researching children in group B of TK Aisyiyah Bustanul Athfal Konang Glagah 88 Lamongan is motivated by low of ability to know the symbol of numbers in terms of counting, connecting, pointing, and completing these quence of numbers 1-20. It is seen when the learning, the teacher asks the child to point the symbol of numbers in accordance with the order but the child is still not able to do, 9 of the 16 children have not been able to do well. . Goals to be achieved of this research are to prove whether there is an effect of soft cloth dice game on the ability to know the symbol of numbers.This research uses a quantitative research approach to the type of pre experiments and research design one group pretest-posttest. The research subjects are 16 children. Method of data collection uses assessment tools such as observation by observation sheet. Statistic analysis of the data uses non-parametric Wilcoxon test marked level (Wilcoxon matched pairs test) with the formula t count<t table, where t hitung < t tabel if research is said to be significant because of the influence of two variables.Based on the analysis of data on the ability to know the symbol of numbers during observation before treatment (pre-test) and the observation after treatment (post-test) using a soft cloth dice game is obtaine daverage results of pre-test 19 and average results of posttest 21,75. Calculation of the results is obtained with levels test t=0 that is smaller than t table =30 and the results of decision-making that is: Ha is accepted because t count <t table (0 <30) and Hois rejected because t count >t table (0>30).The research conclusion shows that a soft cloth dice game affect significantly on the ability to know the symbol of numbers in children group B of TK Aisyiyah Bustanul Athfal Konang Glagah 88 Lamongan. It is proved that soft cloth dice games can help children to develop cognitive abilities especially to know the symbol of numbers. Keywords: Games , The Soft Cloth Dice, The Symbol of Numbers