PERSEPSI ORANG TUA DAN GURU DALAM PENGENALAN ANGKA PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT TUNAS HARAPAN, KEC. KARANGPILANG, SURABAYA

Main Author: Sholihah, Fitri Mar'atus
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: PAUD Teratai , 2022
Online Access: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/46791
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/46791/39389
Daftar Isi:
  • Jenjang pendidikan PPT yang setara dengan KB merupakan jenjang pendidikan paling dasar yang nantinya menuju ke SD, dimana pembelajarannya melibatkan keterampilan membaca, menulis, dan berhitung yang perlu untuk distimulasi sejak dini. Selama masa pandemi yang mengharuskan lembaga pendidikan mengadakan pembelajaran daring, lembaga PPT Tunas Harapan merasa kurang mampu memberikan kegiatan pembelajaran yang maksimal sehingga ketika mengenalkan angka pada anak juga mengalami hambatan yang membuat wali murid merasa kurang puas dengan kegiatan pembelajaran yang diterapkan. Dengan adanya permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanapersepsi antara orang tua dan guru terhadap pengenalan angka pada anak usia 3-4 tahun, serta bagaimana cara yang tepat dalam pengenalan angka pada anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mengetahui pendapat para narasumber secara detail. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orang tua dan guru menganggap pengenalan angka pada anak merupakan hal yang penting, hanya saja selama masa pandemi guru merasa kurang mampu apabila menerapkan pembelajaran daring melalui Zoom Meeting atau Google Meet dan merasa lebih mudah mengaplikasikan WhatsApp. Dari hasil penelitian ini juga dapat diketahui bahwa cara yang paling mudah dalam mengenalkan angka pada anak usia 3-4 tahun dapat dengan cara bernyanyi atau bermain dengan melibatkan konsep angka. Kata Kunci: persepsi orang tua, pengenalan angka.