Meningkatkan Kreativitas Anak Dengan Alat Permainan Edukatif (Ape) Lego Pada Kelompok A TK Aisyiyah 44 Tandes Lor I/10 Surabaya

Main Author: Sulikah, Emmy Sulikah
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: PAUD Teratai , 2013
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/4490
Daftar Isi:
  • Rendahnya kemampuan kreativitas anak kelompok A TK Aisyiyah 44, disebabkan karenaproses pembelajaran yang terkesan membebani anak, dalam arti memaksa anak untuk menguasaisesuatu dengan cara anak datang, duduk, menulis, menghafal, bahkan mendengarkan ceramah gurudalam waktu yang lama. Hal ini teridentifikasi dengan 75% dari 20 anak yang hadir atau sekitar 15anak memiliki daya kreativitas yang sangat rendah, artinya kemampuan anak untuk menuangkan ideatau gagasan bahkan imajinasinya seakan-akan terbatasi. APE lego dipilih sebagai salah satu cara daninovasi guru dalam proses pembelajaran di Taman Kanak–Kanak dalam meningkatkan kreativitasanak. Hal ini terkait dengan tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan peningkatankreativitas anak pada Kelompok A di TK Aisyiah 44 Surabaya, melalui pemanfaatan APE lego.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus.Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observsai danrefleksi.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi, sedangkan teknikanalisis data menggunakan statistik deskriptif. Subyek dari penelitian ini adalah anak kelompok A diTK Aisyiyah 44 Tandes Lor I/ 10 yang berjumlah 20 orang anak, 11 anak perempuan dan 9 anakLaki- laki.Dari hasil analisis data aktivitas bermain lego pada siklus I pertemuan 1 diperoleh data 34%.pada siklus I pertemuan 2 diperoleh data 57%. Hal ini menunjukkan penelitian tindakan kelas inibelum berhasil oleh karena target yang ditentukan adalah ≥ 80 %, maka penelitian ini berlanjut padasiklus 2. Pada siklus 2 pertemuan 1 diperoleh data mengenai kemampuan kreativitas anak mencapai75% dan pada siklus 2 pertemuan 2 mencapai 83%. Berdasarkan analisis data pada siklus 2 makatarget yang diharapkan tercapai dan penelitian ini dinyatakan berhasil. Selain itu dapat disimpulkanbahwah media Alat Permainan Edukatif (APE) lego dapat meningkatkan kemampuan kreativitasanak pada kelompok A di TK Aisyiyah 44 Surabaya.Kata kunci: APE lego, kreativitasAbstractLow ability groups A kindergarten child's creativity Aisyiyah 44, due to the learningprocess that seemed burdensome children, in the sense of forcing children to master anythingin a way children come, sit, write, memorize, and even listen to the teacher lecture in a longtime. This was identified by 75 % of the 20 children who attend or approximately 15 childrenhave creative power is very low, meaning that the child's ability to put the idea or even theidea of imagination as if constrained. APE lego selected as one way and the innovations ofteachers in the process of learning in kindergarten children in foster creativity. This isrelated to the purpose of this study was to describe the increase creativity in Group A inkindergarten Aisyiah 44 Surabaya, through the use of APE lego.This study uses classroom action research is designed in the form of the cycle. Eachcycle consists of four stages, namely: planning, implementation, action, and refleksi. Teknikobservsai data collection using observation and documentation, while the techniques of dataanalysis using descriptive statistics. The subjects of this study were a group of children inkindergarten Aisyiyah Tandes Lor 44 I/ 10, amounting to 20 children, 11 girls and 9 childrenmen.From the results of the data analysis play lego activity in the first cycle 1meeting 34% of the data obtained 2 meetings on the first cycle of data obtained 57 %. Thisresearch shows the class action has not been successful because the specified target is ≥ 80%, then the study continues in cycle 2. In cycle 1 2 meeting obtained data on the ability ofchildren's creativity and reach 75 % in cycle 2 meeting 2 reaches 83 %. Based on theanalysis of the data in cycle 2 the target is reached and the study declared successful.Moreover, it can be concluded that although the media Educational Gaming Equipment(APE) lego can improve children's creativity in group A in kindergarten Aisyiyah 44Surabaya.Keyword: Lego, the creativity.