PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA MELALUI OUTDOOR LEARNING BERMEDIA LINGKUNGAN ALAM PADA ANAK KELOMPOK A
Main Authors: | DWI ENDAH LESTARI, REZKY Dwi Endah, Fitri, Ruqoyyah |
---|---|
Format: | Article eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
PAUD Teratai
, 2016
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/17258 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna melalui outdoor learning bermedia lingkungan alam. Subjek penelitian adalah anak usia 4-5 tahun di TK Imtaq Kota Mojokerto dengan jumlah 15 anak terdiri dari 5 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi yang dilakukan oleh teman sejawat dan dokumentasi yang berupa foto kegiatan anak dalam proses pembelajaran. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pengenalan warna melalui outdoor learning bermedia lingkungan alam sebesar 4,8% berdasarkan evaluasi hasil dari siklus I dan siklus II. Dari uraian di atas,maka dapat disimpulkan bahwa outdoor learning bermedia lingkungan alam dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak Kelompok A TK Imtaq Kota Mojokerto. Kata Kunci : Mengenal warna, Outdoor Learning, Media Alam. Abstract This classroom action research aims to improve the ability to know colors through outdoor learning environment mediated nature. Subjects were children aged 4-5 years in kindergarten Imtaq Mojokerto with the number of 15 children consisted of five boys and 10 girls. Data collection techniques used in this study was the observation made by peers and documentation activities in the form of photos of children in the learning process. Data analysis techniques in this study using descriptive statistical analysis. The results showed an increased ability to color recognition through mediated learning outdoor natural environment of 4.8% based on the evaluation of the results of the first cycle and the second cycle. From the above description, it can be concluded that the outdoor learning environment mediated nature can increase the ability to know the color in Group A kindergarten child Imtaq Mojokerto. Keywords: Getting to know the color, Outdoor Learning, Natural Media.