PENGARUH METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP MENGENAL UKURAN BESAR KECIL ANAK KELOMPOK B
Main Authors: | Rohmah, Nazilatur, Widajati, Wiwik |
---|---|
Format: | Article eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
PAUD Teratai
, 2016
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/17255 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode outdoor learning terhadap kemampuan mengenal ukuran besar kecil pada anak kelompok B di TK Muslimat NU Sabisari Sidoarjo. Sample penelitian berjumlah 22 anak kelompok B di TK Muslimat NU Sabisari Sidoarjo. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes lisan dengan alat penilaian berupa lembar observasi, dokumen foto dan tes. Teknik analisis data menggunakan rumus Wilcoxon Match Pairs Test dengan rumus Thitung < Ttabel. Hasil perhitungan diperoleh Thitung 0 dan Ttabel 66 dengan taraf signifikansi 5%, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha tidak ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode outdoor learning yang diberikan pada anak TK Muslimat NU Sabisari Sidoarjo berpengaruh secara signifikan untuk mengenalkan ukuran pada anak. Kata Kunci : metode outdoor learning, Kemampuan mengenal ukuran besar kecil Abstract This quantitative research aims to determine the effect of outdoor learning methods to the ability to know the full size of small children in the kindergarten group B Sabisari NU's Women Sidoarjo. The research sample included 22 children in the kindergarten group B Sabisari NU's Women Sidoarjo. Data collection techniques using the method of observation and oral tests with assessment tools such as observation sheets, document images and tests. Data were analyzed using the Wilcoxon Match Pairs Test formula with formula Thitung <Ttabel. The calculation result obtained Ttabel Thitung 0 and 52 with a significance level of 5%, thus it can be concluded that Ho is rejected and Ha is not rejected. It concluded that outdoor learning methods given to children kindergarten NU's Women Sidoarjo Sabisari significant influence to introduce size in children. Keywords: Outdoor learning methods, Ability to know the small size