PENGARUH MODEL OUTDOOR LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN SAINS ANAK KELOMPOK B

Main Authors: KHABIBATUR ROHMAH, SITI Khabibatur, Andajani, Sri Joeda
Format: Article eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: PAUD Teratai , 2016
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/16607
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengkaji ada atau tidaknya pengaruh model outdoor learning terhadap kemampuan sains anak kelompok B TK Dharma Wanita II Kahuripan Pacet Mojokerto. Populasi penelitian adalah anak kelompok B TK Dharma Wanita II Kahuripan Pacet Mojokerto yang berjumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan tes. Data yang telah diperoleh dari penelitian dianalisis menggunakan tabel penolong wilcoxon match pairs test dan hasilnya Thitung= 0, sedangkan Ttabel=0.52, yang berarti Thitung < Ttabel (0 < 0.52). Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model outdoor learning terhadap kemampuan sains anak kelompok B TK Dharma Wanita II Kahuripan Pacet Mojokerto. Kata kunci : Model Outdoor Learning, Kemampuan Sains   Abstract This quantitative research aims to study the existence of the effect  of the outdoor learning model on the science skill of students group B at TK Dharma Wanita II Kahuripan Pacet Mojokerto. Population of the research was students group B at TK Dharma Wanita II Kahuripan Pacet Mojokerto with the amount of 20 children. Data was collected by using observation and test techniques. Data obtained in this research then was analyzed using wilcoxon match pairs test and the result is Tcalculated=0 and Ttable=0.52. It means T calculated < T table  (0<0.52). Based on the result of the research it can be concluded that the effect  of the outdoor learning model on the science skill of students group B at TK Dharma Wanita II Kahuripan Pacet Mojokerto.  Keywords: Outdoor Learning model , science ability