PENGARUH MEDIA PAPAN ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN ANAK KELOMPOK A
Main Authors: | ISTIKHAROH, FATIKATUL, Mahmudah, Siti |
---|---|
Format: | Article eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
PAUD Teratai
, 2016
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/15560 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian kuantitatif ini untuk mengetahui dan menganalisis apakah media papan angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan anak kelompok A di TK Jenderal Sudirman Surabaya. Subyek penelitian berjumlah 18 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji paired sample t-test independen dengan taraf signfikasi α = 5% (0,05). Berdasarkan hasil penelitian dengan uji paired sample t-test independen, dapat diketahui bahwa nilai sig. (0,000) < 0,05 maka pengambilan keputusannya yaitu: Ho ditolak sehingga dapat dinyatakan bahwa media papan angka berpengaruh terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan anak kelompok A di TK Jenderal Sudirman Surabaya. Kata kunci: Media papan angka, Kemampuan mengenal lambang bilangan Abstract This quantitative research is to know and analyze whether the influence of papan angka media toward Jenderal Sudirman kindergarten group A students’ numbers-labeling ability.. Subject of this research is 18 students. Data collecting technique is using observation and documentation. Data analysis technique is using paired sample t-test independen with significance level α = 5% (0.05). Based on result of the research using paired sample t-test independen, it is known that sig. value (0,000) < 0,05 so the decision is Ho is rejected, then it can be stated that the application of papan angka media influences the students’ ability positively of the students of group B at TK Jenderal Sudirman Surabaya. Keywords: Papan angka media, Numbers-labeling ability