PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGURUTKAN POLA WARNA (MERAH-KUNING) DENGAN MEDIA KERTAS ORIGAMI PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN
Main Authors: | Hanisah, Lulus, Simatupang, Nurhenti Dorlina |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
PAUD Teratai
, 2015
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/14323 |
Daftar Isi:
- Abstract: This classroom action research aims to determine the activity of the teacher and the child’s activity in enhancingthe ability arranging colour pattern (red-yellow) with origami paper. Subject of this research are children at Al Huda Playgroup that consist of 12 children, 5 boys and 7 girls. The collecting data technique are using dokumentase and observation. Data analysis technniques in this research using descriptive statistical analysis. Theresults showed on increased ability arranging colours pattern (red-yellow) is 25%, based on that statemen, so can be conclused that origami paper can improve the ability arranging colours pattern (red-yellow) in children aged 3-4 years. Keyword: Arranging colours pattern (red and yellow), Origami paper, Children aged 3-4 years. Abstrak: Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan aktivitas anak dalam meningkatkan kemampuan mengurutkan pola warna (merah-kuning) dengan media kertas origami. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah anak Kelompok Bermain Al Huda dengan jumlah 12 anak, yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan pengamatan. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengurutkan pola warna (merah-kuning) sebesar 25 %, berdasarkan uraian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa media kertas origami dapat meningkatkan kemampuan mengurutkan pola warna (merah-kuning) pada anak usia 3-4 tahun. Kata Kunci: Mengurutkan pola warna (merah-kuning), Kertas origami, Anak usia 3-4 tahun