PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA PENGENAL HURUF VOKAL MELALUI METODE TANYA JAWAB PADA ANAK KELOMPOK BERMAIN

Main Authors: Wardhani, Eka Kusuma, Setyowati, Sri
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: PAUD Teratai , 2015
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/13339
Daftar Isi:
  • Abstract: The classroom action research aims to fine an increased ability language recognition method by letters vowels faqs. The subjects of the study was children in group play the mother of pearl Kesamben Jombang totaling 14 children. Methods of collecting data in this study using observation and documentation. The data analysis technique used in this research is qualitative diskriftif. The results of this study show an increase in language skills recognition vowel children by 85,7% so we can conclude that via method faqs language ability to improve recognition letters vowels children under evaluation cycle I and II. Keywords :Question andanswer method, The ability to speak Abstrak : Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan bahasa pengenalan huruf vokal melalui metode tanya jawab. Subyek penelitiannya adalah anak kelompok bermain Mutiara Bunda Kesamben Jombang yang berjumlah 14 anak. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu diskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan bahasa pengenalan huruf vokal anak sebesar 85,7% sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui metode tanya jawab dapat meningkatkan kemampuan bahasa pengenalan huruf vokal anak berdasarkan evaluasi pada silkus I dan II. Kata kunci : Metode tanya jawab, Kemampuan berbahasa.