PEMANFAATAN MEDIA BALOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 3 - 4 TAHUN

Main Authors: Sabta, Nidiya, Simatupang, Nurhenti Dorlina
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: PAUD Teratai , 2015
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/13145
Daftar Isi:
  • Abstract: This study used classroom action research. The aim of this study is to determinean increased ability of the children’ s cognitive by playing blocks. The research subjects were children in group B Age 3-4 Years old of PPT Tunas Bangsa Surabaya, in total 20 children consisting of 9 girls and 11boys. Researchers used the method of observation and documentation to collect data. Analysis of the data used in this research is the analysis of descriptive and qualitative. The results showed an increased ability of the students’ cognitive at 90% based on the evaluation of the results on the first cycle and second cycle. It can be concluded that the implementation of learning by utilizing beams media to improve children's cognitive abilities can be implemented in the learning process. Keywords: Media blocks, Cognitive ability. Abstrak: Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan kognitif anak melalui bermain balok. Subjek penelitian adalah anak kelompok B usia 3-4 tahun di PPT Tunas Bangsa Surabaya yang berjumlah 20 anak terdiri dari 9 anak perempuan dan 11 anak laki-laki. Peneliti menggunakan metode observasi dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menujukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif anak sebesar 90% berdasarkan evaluasi hasil dari siklus I dan siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan media balok untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dapat dilaksanakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Media balok, Kemampuan kognitif.