KEGIATAN COOKING CLASS UNTIK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B TK SUCCES KECAMATAN RUNGKUT SURABAYA

Main Author: ABDAH, ROHMANI
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: PAUD Teratai , 2013
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/1273
Daftar Isi:
  • Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh anak kelompok B TK Succes Surabaya kemampuanfisik motorik yang harus dilatih pada anak didik, yaitu kemampuan motorik halus faktor penyebabnyaadalah pembelajaran kurang menarik misalnya melipat, menggunting, LKA dan sebagainya. Hal inimenyebabkan anak menjadi bosan dan bermain sendiri.Untuk itu mengarah pada alternatif tindakanperbaikan untuk meningkatkan motorik halus anak, perlu melalukan penelitian ilmiah denganmenggunakan penelitian tindakan kelas ( PTK ), yang didukung dengan penerapan kegiatan cookingclass dengan media tahu dan tepung. Adapun permasalahan yang dibahas pada penelitian ini.Bagaimana penggunaan kegiatan cooking class dapat meningkatkan motorik halus anak padakelompok B TK Succes Kecamatan Rungkut Surabaya ?, dengan tujuan ingin mengetahui keberhasilanpenggunaan kegiatan cooking class dalam meningkatkan motorik halus pada anak didik kelompok BTK Succes Kecamatan Rungkut Surabaya.Hasil penelitian yang diperoleh dari data hasil pengamatanaktivitas anak, aktivitas guru serta tingkat pencapaian kemampuan motorik halus anak yang mengalamipeningkatan signifikan pada setiap siklusnya. Sebagaimana penyajian hasil rata-rata presentasi siklus 1yang memperoleh presentase ketuntasan sebesar 60% dan meningkat pada siklus II menjadi 85%.Maka berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan kegiatan cooking class sangattepat untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak, khususnya pada kelompok B.Kata kunci : kegiatan cooking class, motorik halus.AbstractOne of the problems faced by the children of group B at TK Success Surabaya is their physicalmotor skill must be developed, especially their fine motor skill. It is because their learning process isnot interesting, such as their folding, cutting, etc. It can cause the students become bored, and play bythemselves.Based on that background, there is a way to improve children’s fine motor skill. There is aresearch in the form of classroom action research to find the solution of the problem. This research issupported by cooking class by using tofu and flour. The research question discussed in this research is“How can the use of cooking class improve children’s fine motor skill of group B at TK SuccessRungkut Surabaya?. The purpose of this research is to know the success of using cooking class toimprove children’s fine motor skill of group B at TK Success Rungkut Surabaya.The data are collectedfrom the observation on children’s activity, teacher’s activity, and the achievement level of children’sfine motor skill. The improvement is very significant in every cycle. the completeness level percentagein the first cycle is 60% and it becomes 85% in the second cycle. Based on the result, it can beconcluded that the use of cooking class can improve children’s fine motor skill, especially children ofgroup B.Keywords : cooking classes activity, fine motor skill.