Penerapan PBL dalam Peningkatan Minat Belajar Siswa pada Materi Statistika di SMA Negeri 8 Medan

Main Authors: Putri, Nadya Ayu, Manurung, Herbin, Siregar, Tiur Malasari
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Study Program of Mathematics Education of Unimed Postgraduate Program , 2022
Online Access: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/paradikma/article/view/40126
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/paradikma/article/view/40126/20044
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menarik minat siswa kelas XII MIA 5 SMA Negeri 8 Medan dalam pembelajaran matematika melalui PBL. Variabel minat belajar diperiksa perubahannya. Penelitian ini menggunakan pembelajaran berbasis masalah sebagai variabel tindakan. Contoh: penelitian tindakan kelas. Angka dan hasil belajar siswa dikumpulkan. Nilai rata-rata minat belajar siklus I sampai siklus II adalah 82,28. Hal ini meningkat dari 17% pra siklus menjadi 80% siklus II. Model PBL meningkatkan siklus I 60% menjadi siklus II 80%. Pembelajaran berbasis masalah meningkatkan perhatian (PBL) kelas XII MIA 5 SMA Negeri 8 Medan.