Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik pada Pokok Bahasan Himpunan
Main Authors: | Harahap, Zulfan Idris Shaleh, Sirait, Karnace A H, Firdaus, Muliawan |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Study Program of Mathematics Education of Unimed Postgraduate Program
, 2022
|
Online Access: |
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/paradikma/article/view/40092 https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/paradikma/article/view/40092/19960 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan salah satu contoh penelitian tindakan kelas (PTK), dan berusaha untuk menjawab pertanyaan, “Upaya apa yang dapat dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) di kelas VII E SMP Negeri 3 Medan Tahun Pelajaran 2022/2023?” Penelitian dilaksanakan pada tahun ajaran 2022/2023 di kampus SMP Negeri 3 Medan. Objek penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar matematika siswa pada materi himpunan dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian ini adalah 32 siswa yang terdaftar di kelas VII E SMP Negeri 3 Medan Tahun Pelajaran 2022/20233. (1) Skor aktivitas siswa pada siklus I secara keseluruhan berada pada kriteria cukup dengan skor rata-rata 22,83, dan meningkat pada siklus II dengan skor rata-rata 25,83 yang termasuk dalam kriteria baik. Hal ini ditentukan oleh temuan penelitian. (2) Hasil tes ketuntasan belajar klasikal yang diambil pada siklus I menunjukkan skor 57,15%, tetapi pada siklus II skor tersebut meningkat menjadi 82,14%.