Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Geogebra dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Main Authors: Darma, Putri Kesuma, Manurung, Herbin, Siregar, Tiur Malasari
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Study Program of Mathematics Education of Unimed Postgraduate Program , 2022
Online Access: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/paradikma/article/view/40076
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/paradikma/article/view/40076/19959
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apa yang dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa di SMA Negeri 8 Medan dengan menggunakan model pemecahan masalah berbasis geogebra dan (2) konsep terapan model. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing dengan dua kali pertemuan. Terpilih 36 siswa kelas 12 SMA Negeri 8 Medan. Gunakan pengamatan guru dan siswa serta tes matematika untuk mengumpulkan data. Tes dilakukan sebanyak tiga kali yaitu pertama untuk konsep matematika I dan II. (1) Kemampuan memahami konsep matematika siswa sebelum diberikan tindakan; 5 siswa (13,90%) telah mencapai ketuntasan belajar, dan 31 siswa (86,11%) belum. (2) Setelah tindakan siklus I, 19 (52,78%) dan 17 (47,22%) anak belum menguasai pembelajaran. (3) Pada siklus II, 33 siswa (91,67%) mencapai ketuntasan belajar dan 3 (8,33%) tidak, meningkat 38,89% dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan penelitian, paradigma pembelajaran berbasis masalah berbantuan geogebra dapat meningkatkan pemahaman matematis siswa di SMA Negeri 8 Medan.