Penerapan Metode TAPPS pada Model Pembelajaran Erbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa

Main Authors: Putri, Trisna Utami, Handayani, Wilma, Iskandar, Said
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Study Program of Mathematics Education of Unimed Postgraduate Program , 2022
Online Access: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/paradikma/article/view/40030
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/paradikma/article/view/40030/19951
Daftar Isi:
  • Dengan memasukkan pendekatan pembelajaran Think Aloud Pair Problem Solving ke dalam model pembelajaran berbasis masalah, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Diikuti 32 siswa kelas X KC-1 SMK Negeri 10 Medan. Jalur inkuiri ini bermaksud untuk mengembangkan literasi matematis siswa dengan berfokus pada pemecahan masalah. Penelitian Tindakan Kelas dengan dua putaran. Di akhir setiap siklus, siswa diuji untuk melihat apakah mereka telah meningkat dalam matematika. Pada siklus 1 rata-rata skor pemecahan masalah adalah 74,38 dan 22 siswa (68,75%) memiliki ketuntasan belajar. Pada siklus 2 rata-rata skor pemecahan masalah adalah 79,08, dan 28 siswa (87,5% dari seluruh siswa) mencapai ketuntasan. Data ini dianalisis. Pada siklus 2 nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa lebih tinggi dari pada siklus 1. Berdasarkan temuan tersebut, pembelajaran berbasis masalah diterapkan pada kelas X KC-1 SMK Negeri 10 Efektif. Think Aloud Pair Problem Solving mengajarkan matematika. Berdasarkan informasi di atas, telah ditetapkan bahwa metode Think Aloud Pair Problem Solving dalam model pembelajaran berbasis masalah berpotensi untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X KC-1 SMK Negeri 10 Medan.