Resiliensi Matematis Ditinjau Dari Self – Efficacy Siswa

Main Authors: Nuraeni, Tetra Hajar, Kusuma, Anggun Badu
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Study Program of Mathematics Education of Unimed Postgraduate Program , 2022
Online Access: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/paradikma/article/view/35104
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/paradikma/article/view/35104/18384
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/paradikma/article/downloadSuppFile/35104/5620
Daftar Isi:
  • Resiliensi merupakan sikap positif yang ditunjukkan seseorang dalam menghadapi persoalan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan resiliensi matematis siswa SMP Muhammadiyah Boarding School ZAM ZAM Cilongok ditinjau dari self – efficacy. Penelitian ini difokuskan pada pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VII H yang diperoleh menggunakan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini siswa dikelompokan kedalam tiga kategori, yaitu kelompok siswa self – efficacy tinggi, kelompok siswa self – efficacy sedang, dan kelompok siswa self – efficacy rendah. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan wawancara. Data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa dengan self – efficacy tinggi sudah menguasai semua indikator resiliensi. Siswa self – efficacy sedang menguasai tiga dari empat indikator resiliensi. Siswa dengan self – efficacy rendah belum menguasai semua indikator yang ada pada resiliensi. Dengan kondisi demikian maka perhatian terhadap siswa dengan kemampuan self-efficacy rendah sangat diperlukan. Karena dapat mempengaruhi sikap dan hasil belajar matematika.