PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)

Main Authors: Fajri, Nurul, ., Hajidin, Ikhsan, M
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Study Program of Mathematics Education of Unimed Postgraduate Program , 2013
Online Access: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/paradikma/article/view/1073
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/paradikma/article/view/1073/840
ctrlnum article-1073
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)</title><creator>Fajri, Nurul</creator><creator>., Hajidin</creator><creator>Ikhsan, M</creator><description lang="en-US">Kemampuan koneksi dan komunikasi matematis perlu menjadi fokus perhatian dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan kemampuan koneksi dan komunikasi matematis siswa baik secara keseluruhan maupun secara berkelompok. Tujuan lain yang ingin dilihat dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan pengelompokkan siswa terhadap peningkatan kemampuan koneksi dan komunikasi matematis siswa; dan mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran CTL. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal tes (koneksi dan komunikasi) dan non tes (angket respon siswa). Hasil penelitian ini adalah: 1) peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan CTL lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional berdasarkan keseluruhan siswa; 2) peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan CTL lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional berdasarkan pengelompokkan siswa; 3) Terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan pengelompokkan siswa terhadap peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa; 4) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan CTL lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional berdasarkan keseluruhan siswa; 5) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan CTL lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional berdasarkan pengelompokkan siswa; 6) Terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan pengelompokkan siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa; 7) Siswa menujukkan respon yang baik terhadap pembelajaran CTL.</description><publisher lang="en-US">Study Program of Mathematics Education of Unimed Postgraduate Program</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2013-12-30</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Other:</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/paradikma/article/view/1073</identifier><identifier>10.24114/paradikma.v6i2.1073</identifier><source lang="en-US">PARADIKMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA; Vol 5, No 1 (2012): PARADIKMA JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA</source><source>2502-7204</source><source>1978-8002</source><source>10.24114/paradikma.v5i1</source><language>eng</language><relation>https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/paradikma/article/view/1073/840</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2021 PARADIKMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA</rights><recordID>article-1073</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
Other:
File:application/pdf
File
Journal:eJournal
author Fajri, Nurul
., Hajidin
Ikhsan, M
title PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)
publisher Study Program of Mathematics Education of Unimed Postgraduate Program
publishDate 2013
url https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/paradikma/article/view/1073
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/paradikma/article/view/1073/840
contents Kemampuan koneksi dan komunikasi matematis perlu menjadi fokus perhatian dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan kemampuan koneksi dan komunikasi matematis siswa baik secara keseluruhan maupun secara berkelompok. Tujuan lain yang ingin dilihat dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan pengelompokkan siswa terhadap peningkatan kemampuan koneksi dan komunikasi matematis siswa; dan mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran CTL. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal tes (koneksi dan komunikasi) dan non tes (angket respon siswa). Hasil penelitian ini adalah: 1) peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan CTL lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional berdasarkan keseluruhan siswa; 2) peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan CTL lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional berdasarkan pengelompokkan siswa; 3) Terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan pengelompokkan siswa terhadap peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa; 4) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan CTL lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional berdasarkan keseluruhan siswa; 5) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan CTL lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional berdasarkan pengelompokkan siswa; 6) Terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan pengelompokkan siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa; 7) Siswa menujukkan respon yang baik terhadap pembelajaran CTL.
id IOS2307.article-1073
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection PARADIKMA JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
repository_id 2307
subject_area Pendidikan
Matematika
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS2307
first_indexed 2016-09-23T02:48:06Z
last_indexed 2023-02-23T20:04:15Z
recordtype dc
merged_child_boolean 1
_version_ 1765685341214212096
score 17.538404