RASIONALITAS MEMILIH SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) (STUDI KASUS DI DESA DINGIL KECAMATAN JATIROGO KABUPATEN TUBAN)

Main Authors: LESTARI, SRI, Mudzakkir, Moh.
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Paradigma , 2016
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/16931
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini membahas mengenai fenomena memilih sekolah menengah kejuruan (SMK) di desa Dingil kecamatan Jatirogo kabupaten Tuban. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami rasionalitas siswa dan orang tuanya dalam memilih pendidikan di SMK, membongkar alasan memilih pendidikan di SMK dan juga mengeahui motif memilih pendidikan di sekolah menengah kejuruan. Teori yang digunakan adalah teori tindakan sosial dari Max Weber, teori pilihan rasional dari James S. Coleman, sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan versthehen dari Max Weber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar seseorang memilih pendidikan di SMK ialah karena ketertarikan terhadap alumninya yang bisa langsung memasuki dunia pekerjaan, adanya keinginan bekerja setelah lulus sekolah, keinginan untuk menjaga hubungan dengan pasangannya, dorongan ekonomi, karena keterpaksaan, serta melihat kemampuan dirinya. Kata Kunci: pendidikan, rasionalitas memilih, SMK   Abstract This research discussed the phenomena of selesting vocation school on dingil village district jatirogo, tuban. The purposes of this research are to understand the retionality of student and their parents, to dig up the reasons, and to know the motive on selecting education in vocation school. Theories that being used are social actions theory from Max Weber, rational choice theory from James S. Coleman,  the research method used is qualitative method using versthehen approach from max weber. The result of this research are: most of the subject selecting education in vocation school because the alumna from education who can directly entering workplace, the willingness to work after graduation, the willingness to keep in touch with their partner (couple), economic matters, external influence (force), and the ability they have. Keywords: education, selecting rationality, vocation school