ANALISIS PERBANDINGAN ARUS JENUH PADA PENDEKAT SIMPANG TERLINDUNG DAN TERLAWAN DENGAN METODE MKJI DAN METODE TIME SLICE (STUDI KASUS: SIMPANG SUBITA DAN SIMPANG WARIBANG)
Main Authors: | I Made Kariyana, Gede Sumarda, I Gede Aryanta Putra |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik dan Perencanaan, Universitas Warmadewa
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://www.ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/paduraksa/article/view/3885 https://www.ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/paduraksa/article/view/3885/3011 |
Daftar Isi:
- As many as 33% of vehicle ownership in Bali Province in 2019 was in Denpasar City, coupled with the passing of vehicles from outside the city to work and recreation to burden the road network in Denpasar City. This causes problems in the transportation system that affects the performance of the road network, especially the performance of signalized intersection in Denpasar City. The performance of the signalized intersection is affected by the capacity of the approach where one of the factors that affect it is saturation flow. This study aims to find out the comparison of saturation flow in protected and opposed approach between the IHCM and Time Slice Method. The saturation flow result in the protected approach in Simpang Subita based on IHCM is 3,629 pcu/green hours greater than 71.18% compared to the Time Slice Method which is 2,120 pcu/green hours, while the saturation flow result in the opposed approach in Simpang Waribang based on IHCM is 1,857 pcu/green hour smaller than 37.49% compared to the Time Slice Method which is 2,971 pcu/green hour.
- Sebanyak 33% kepemilikan kendaraan di Provinsi Bali pada tahun 2019 berada di Kota Denpasar, ditambah dengan melintasnya kendaraan dari luar kota untuk bekerja maupun berekreasi ikut membebani jaringan jalan di Kota Denpasar. Hal tersebut menimbulkan permasalahan pada sistem transportasi yaitu mempengaruhi kinerja jaringan jalan khususnya kinerja simpang bersinyal di Kota Denpasar. Kinerja simpang bersinyal dipengaruhi oleh kapasitas dari pendekatnya dimana salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah arus jenuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan arus jenuh pada pendekat terlindung dan terlawan antara Metode MKJI dengan Time Slice. Hasil arus jenuh pada pendekat terlindung di Simpang Subita berdasarkan MKJI adalah 3,629 smp/jam hijau lebih besar 71.18% dibandingkan dengan Metode Time Slice yaitu 2,120 smp/jam hijau, sedangkan hasil arus jenuh pada pendekat terlawan di Simpang Waribang berdasarkan MKJI adalah 1,857 smp/jam hijau lebih kecil 37.49% dibandingkan dengan Metode Time Slice yaitu 2,971 smp/jam hijau.