PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH SALAMAN KABUPATEN MAGELANG

Main Author: Fitriana, Rika; Universitas Muhammadiyah Purworejo
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Ekonomi , 2019
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/oikonomia/article/view/5422
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/oikonomia/article/view/5422/4959
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif model TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa dalam mengikuti pelajaran Ekonomi kelas X SMK Muhammadiyah Salaman Kabupaten Magelang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas X-AP 1 SMK Muhammadiyah Salaman Kabupaten Magelang sebanyak 33 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan tes dan observasi (pengamatan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, penerapan model pembelajaran kooperatif model Teams Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran. Aktivitas belajar siswa aspek sikap pada siklus I (3,26) dengan kategori “sangat baik”, pada siklus II meningkat menjadi (3,45) dengan kateogri “sangat baik”. Pada aspek partisipasi siklus I (3,35) dengan kategori “sangat baik”, pada siklus II meingkat menjadi (3,40) dengan kategori “sangat baik”. Pada aspek kerjasama siklus I (3,24) dengan kategori “baik”, pada siklus II meningkat menjadi (3,43) dengan kategori “sangat baik”. Hasil belajar siswa meningkat untuk nilai rata-rata siswa pada pra siklus adalah 67,15, pada siklus I (71,69) dan pada siklus II (78,06). Kata Kunci : Metode TGT, Hasil Belajar.