PENGARUH PENDEKATAN PAIKEM (PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA/ SISWI KELAS XI JURUSAN AKUNTANSI SMK MUKTI KARYA KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Main Author: Sunarti, A. Md, Sunarti; Universitas Muhammadiyah Purworejo
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Ekonomi , 2018
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/oikonomia/article/view/4637
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/oikonomia/article/view/4637/4302
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : apakah terdapat pengaruh positif signifikan antara pendekatan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan) terhadap hasil belajar siswa/siswi kelas XI jurusan Akuntansi SMK Mukti Karya Kebumen tahun pelajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan menggunakan instrument questionar dan Teknik analisis data menggunakan pearson product moment. Dari hasil analisis data diketahui bahwa ada pengaruh positif signifikan antara pendekatan PAKEM terhadap hasil belajar siswa/ siswi kelas XI jurusan Akuntansi SMK Mukti Karya Kebumen dengan r sebesar 0,710, terletak diantara 0,600 – 0, 799 dan tingkat signifikansinya 0,049 ≤ 0,05. Besar sumbangan yang diberikan pendekatan PAIKEM terhadap hasil belajar adalah 75 % sedangkan 25% merupakan sumbangan factor yang lain. Kata Kunci: PAIKEM, Hasil Belajar, Kuantitatif