PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA, MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA NEGERI 1 BINANGUN CILACAP

Main Author: Baedowi, Fatchur Rochman; Universitas Muhammadiyah Purworejo
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Ekonomi , 2018
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/oikonomia/article/view/4624
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/oikonomia/article/view/4624/4289
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh perhatian orang tua,motivasi belajar dan lingkungan sekolah secara sendiri-sendiri dan bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 1 binangun Cilacap. Populasi sebanyak 3 kelas dengan jumlah 100 siswa, penentuan sampel dengan taraf 5% sebanyak 80 siswa. pengambilan sampel secara claster random sampling. Pengumpulan data dengan analisis dokumen dan angket yang sudah diuji cobakan dan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Hasil analisis deskriptif menunjukan variabel perhatian orang tua pada kategori sangat baik (47,50%),variabel motivasi belajar pada kategori cukup (50%), dan variabel lingkungan sekolah pada kategori sangat baik (50%). Hasil analisis kuantitatif menunjukan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara perhatian orang tua terhadap prestasi belajar (rX1Y = 0,505,t = 5,104,sig 0,000). Ada pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar (rX2Y = 0,354,t = 3,296,sig 0,001). Ada pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar (rX3Y = 0,245,t = 0,245,t = 2,205,sig = 0,003). Ada hasil korelasi ganda dan koefisien korelasi (R = 0,900,F = 108,146,sig 0,000). Kata Kunci : Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar Dan Lingkungan Sekolah.