PENGARUH LOYALITAS MEREK DAN CITRA MEREK TERHADAP EKUITAS MEREK PADA PRODUK HANDPONE NOKIA

Main Author: Yunitati, Yunitati; Universitas Muhammadiyah Purworejo
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Ekonomi , 2018
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/oikonomia/article/view/4417
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/oikonomia/article/view/4417/4103
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan antara loyalitas merek dan citra merek secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama terhadap ekuitas merek pada produk handpone merek nokia. Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel krejcie dengan tingkat kesalahan 5% dari populasi 96 mahasiswa diambil sampel 76 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif.Berdasarkan analisi deskriptif menunjukan bahwa loyalitas merek berada pada kategori tinggi dengan persentase 64,47%, citra merek dinyatakan cukup dengan persentase 42,11%, dan ekuitas merek dinyatakan cukup dengan persentase 43,42%.Dari analisis kuantitatif menunjukkan bahwa: (1) variabel loyalitas merek memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap ekuitas merek sebesar 8,94% ( = 0,299; thitung = 2,676; sig = 0,009 <0,05); (2) variabel citra merek memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap ekuitas merek pengaruh sebesar 83,72% ( = 0,873; thitung = 19,333; sig = 0,000 <0,05); dan (3) variabel loyalitas merek dan citra merek secara bersama-sama memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap ekuitas merek sebesar 91,0% (R = 0,910; F = 367,615; sig = 0,000 <0,05). Persamaan Regresi Y= 0,475+ 0,091X1+ 0,604X2. Dengan demikian hipotesis diterima. Kata kunci: loyalitas merek, citra merek dan ekuitas merek