Implementasi Metode SMART untuk Mengidentifikasi Perkembangan Anak dalam Mengikuti Ekstra

Main Authors: Sukmawati, Restyan, Dewi, Ervin Kusuma, Indriati, Rini
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Nusantara PGRI Kediri , 2016
Online Access: http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/ti/article/view/251
http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/ti/article/view/251/174
Daftar Isi:
  • Abstrak— Taman kanak-kanak merupakan tempat bermain dan belajar untuk mengembangan minat anak-anak usia dini terhadap sekolah dan pentingnya pendidikan. Setiap anak memiliki karakteristik tersendiri dan perkembangan setiap anak berbeda-beda baik dalam kualitas maupun tempo perkembangannya. Perkembangan anak bersifat progresif, sistematis dan berkesinambungan. Setiap aspek perkembangan saling berkaitan satu sama lain, terhambatnya satu aspek perkembangan tertentu akan mempengaruhi aspek perkembangan yang lainnya. Taman kanak-kanak Dharma Wanita Jajar memiliki ekstra jam tambah belajar bagi anak didiknya yang kurang mampu mengikuti perkembangan belajar teman-temannya yang di persiapkan untuk masuk ke jenjang pendidikan berikutnya. Pembuatan sistem pendukung keputusan ini bertujuan agar dapat membantu guru taman kanak-kanak dalam mengidentifikasi perkembangan anak untuk keikutsertaan didalam ekstra jam tambah belajar di taman kanak-kanak dengan menggunakan metode SMART. Kata Kunci— SPK, SMART, Identifikasi Anak