Pembelajaran Penjumlahan Pecahan dengan Menggunakan Media Penjumlahan Pecahan Kertas (PENCAK) di Kelas IV Sekolah Dasar

Main Authors: Novita, Rita; STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh, Badrun Kurnia, Achmad; STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh, Sari Yukan, Septy; STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Numeracy , 2014
Online Access: http://ejournal.stkipgetsempena.ac.id/index.php/numeracy/article/view/97
http://ejournal.stkipgetsempena.ac.id/index.php/numeracy/article/view/97/92
Daftar Isi:
  • Penggunaan alat peraga dalam pembelajaran matematika memberi kontribusi yang sangat besar dalam mempelajari dan menguasai konsep/prnsip-prinsip matematika yang bersifat abstrak. Konsep-konsep dalam matematika akan dapat dimengerti dengan baik oleh siswa jika disajikan dengan bantua benda-benda kongkriti dan melalui kegiatan kontektual yang tidak asing bagi mereka. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keefektifan penggunaan alat peraga PENCAK (penjumlahan pecahan kertas) dalam pembelajaran penjumlahan pecahan di kelas IV Sekolah Dasar. Sebanyak 38 orang siswa kelas IV SD Muhammadiyah Palembang dan seorang guru yang mengajar dikelas tersebut dilibatkan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat peraga PENCAK memberi kontribusi yang baik terhadap perkembangan pemahaman siswa serta kreatifitas siswa dalam materi penjumlahan pecahan. Alat peraga PENCAK membantu siswa dalam menemukan sendiri konsep-konsep yang diperlukan dalam menguasai penjumlahan pecahan.Kata Kunci: Pembelajaran Pecahan, Alat peraga, Pendekatan Matematika Realistik