RETRO SEBAGAI WACANA DALAM DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Main Author: | Dektisa Hagijanto, Andrian; Dosen Jurusan Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain - Universitas Kristen Petra |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University
, 2005
|
Online Access: |
http://nirmana.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/16254 http://nirmana.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/16254/16246 |
Daftar Isi:
- For some people%2C it is interesting to reminisce and expose the past. This phenomenon of reviving past trends%2C or called retro%2C becomes part of visual communication design applications. Retro is a past product that is assimilated to something new%2C that of a contemporary product; not only uplifting eclectic spirit%2C revival%2C historicism%2C reconstruction%2C and duplication%2C but also creating unique synergy to attract attention. This paper focuses on retro or recurrence that varies in definitions as a part of the past or even as a creative vitality and catharsis of the postmodern era%2C because it is a medium for appreciation%2C awarding%2C insults%2C and humor in the postmodern discourse. Abstract in Bahasa Indonesia : Bagi sebagian orang%2C masa lalu menarik untuk dikenang dan ditampilkan kembali. Fenomena mengulang trend yang lalu atau disebut retro menjadi bagian aplikasi desain komunikasi visual. Dalam hal ini%2C retro yang merupakan produk masa lalu diasimilasikan dengan kebaruan yang merupakan produk kontemporer%2C tidak hanya mengusung semangat eklektik%2C revival%2C historisisme%2C rekonstruksi%2C dan duplikasi namun juga menciptakan sinergi unik untuk menarik perhatian. Tulisan ini menyoroti tentang retro atau pengulangan%2C yang beragam definisinya baik sebagai bagian dari masa lalu maupun sebagai gejolak kreatif dan katarsis di era pasca modernitas%2C karena merupakan media bagi apresiasi%2C penghargaan%2C sindiran%2C dan lelucon teks dalam diskursus postmodern. retro%2C revival%2C eclecticism%2C postmodernism.