PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS 4 SDN 2 SESETAN DENPASAR

Main Author: Ni Wyn. Suniasih, Ni Luh Kd. Dwi Pradnyani, I Wyn. Sujana,
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: MIMBAR PGSD Undiksha , 2013
Online Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/957
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/957/827
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang dibelajarkan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dengan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional siswa kelas 4 SDN 2 Sesetan Denpasar. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain Pra-Eksperimen jenis desain statis dua kelompok. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A SDN 2 Sesetan sebagai kelompok kontrol dan siswa kelas IV B SDN 2 Sesetan sebagai kelompok eksperimen yang masing-masing berjumlah 39 orang. Data hasil belajar IPS diperoleh dengan menggunakan metode tes dan metode observasi. Data kemudian dianalisis dengan statistik uji t. Berdasarkan analisis data diperoleh t hitung sebesar 2,45 sedangkan dengan menggunakan taraf signifikan 5% dan dk = n1+n2–2 (dk = 39+39-2=76) diperoleh t tabel (α=0,05) sebesar 1,99. Karena t hitung= 2,45 > t tabel(α=0,05) = 1,99, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Nilai rata-rata kelompok eksperimen = 78,41 > nilai rata-rata kelompok kontrol = 73,44. Ini berarti ada perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara siswa yang dibelajarkan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dengan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional siswa kelas 4 SDN 2 Sesetan Denpasar. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar IPS siswa kelas 4 SDN 2 Sesetan Denpasar. Kata Kunci: Kooperatif Tipe Talking Stick, Hasil Belajar.