PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI BERBANTUAN MEDIA REALITA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD
Main Author: | Ni Nym. Garminah, I Km. Agus Tri Lanang Oka, Gd. Raga, |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
MIMBAR PGSD Undiksha
, 2013
|
Online Access: |
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/956 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/956/826 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini dilaksanakan karena adanya permasalahan mengenai model pembelajaran yang masih bersifat konvensional yang didominasi oleh ceramah, disamping itu aktivitas dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe GIberbantuan media realita. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan metode test dengan menggunakan lembar pengamatan dan perangkat tes. Data dianalisis menggunakan teknik analis deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 31 siswa di Sekolah Dasar Negeri 1 Melaya kecamatan Melaya. Data yang dikumpulkan adalah data aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe (GI) berbantuan media realita dan terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran tipe GI berbantuan media realita. Jadi dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe GI berbantuan media realita dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam kelas V SD. Kata kunci : Pembelajaran GI, aktivitas belajar, hasil belajar.