PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD DI GUGUS SRI KANDI KECAMATAN DENPASAR TIMUR

Main Author: I Gst. A. Oka Negara, Md. Puspa Dewi, I Kt. Adnyana Putra,
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: MIMBAR PGSD Undiksha , 2013
Online Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/924
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/924/794
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Snowball Throwing dengan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional di kelas V SD di gugus Sri Kandi Denpasar. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus Sri Kandi, Denpasar tahun ajaran 2012/2013 yang banyaknya 577 orang siswa. Data tentang hasil belajar IPA dikumpulkan dengan instrumen berupa tes obyektif bentuk ganda biasa. Data ini analisis menggunakan t-test. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Snowball Throwing dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional ( thit = 2,562 > ttabel = 2,000 ) dengan db = 82 (Σn -2 = 84 – 2 = 82 ) dan taraf signifikansi 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Snowball Throwing berpengaruh terhadap hasil belajar IPA Siswa kelas V SD di Gugus Sri Kandi Kecamatan Denpasar Timur. Kata-kata kunci : Snowball Throwing , hasil belajar