PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TANDUR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR GUGUS VI KECAMATAN BULELENG

Main Author: I Md. Citra Wibawa, Ni Md. Dwi Ariantari, I Km. Sudarma,
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: MIMBAR PGSD Undiksha , 2013
Online Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/893
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/893/763
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan pemahaman konsep IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran TANDUR dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsungpada siswa kelas IV SD Gugus VI Kecamatan Buleleng. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Gugus VI kecamatan Buleleng yang berjumlah 191 orang. Sampel penelitian yaitu siswa kelas IV SD No. 7 Kampung Baru yang berjumlah 34 orang dan siswa kelas IV SD No. 2 Kampung Baru yang berjumlah 28 orang. Teknik pengambilan sampel digunakan teknik Random Sampling. Desain penelitian yang digunakan yaitu “Post Test Only with Non-Equivalent Control Group Design”. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep IPA siswa kelas IV SD Gugus VI Kecamatan Buleleng yang signifikan antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran TANDUR dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung (thitung> ttabel; thitung= 4,5203 dan ttabel= 2,000). Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat dikatakan bahwa kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran TANDUR lebih baik dibandingkan dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pemelajaran langsung. Kata-kata kunci: model pembelajaran TANDUR, pemahaman konsep IPA