PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS IV SD DI KELURAHAN BANYUASRI
Main Author: | Ni Nym. Garminah, Pt. Sudiadnyani, Dw. Nym. Sudana |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
MIMBAR PGSD Undiksha
, 2013
|
Online Access: |
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/890 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/890/761 |
Daftar Isi:
- AbstrakPenelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan pemahaman konsep IPA antara kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) dan kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional (MPK). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan Non equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD di Kelurahan Banyuasri tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 169 siswa. Sampel penelitian diambil dengan cara simple random sampling dan berjumlah jumlah 70 siswa. Data pemahaman konsep dikumpulkan dengan tes pemahaman konsep berbentuk pilihan ganda yang disertai penjelasan. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan analisis uji-t dengan bantuan program SPSS-PC 16.00 for Windows. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pemahaman konsep IPA kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) berada pada kualifikasi sangat baik (M = 64,86; SD = 4,56), sedangkan pemahaman konsep IPA kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional berada pada kualifikasi baik (M= 54,94; SD = 4,17). Hasil uji-t menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara pemahaman konsep IPA kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) dan kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional (thitung > ttabel yaitu 9,58 > 1,65).Kata-kata kunci: model pembelajaran POE dan pemahaman konsep