PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD DENGAN VCD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 1 KETEWEL

Main Author: I Wyn. Sujana, Ni Pt. Elsya Sutarsih, I Wyn. Wiarta,
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: MIMBAR PGSD Undiksha , 2013
Online Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/886
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/886/757
Daftar Isi:
  • Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1)Meningkatkan motivasi belajar matematika melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif STAD dengan Media VCD pada siswa Kelas IV di SDN 1 Ketewel, Gianyar Tahun Ajaran 2012/2013 dan 2) Meningkatkan hasil belajar matematika melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Media VCD pada Siswa Kelas IV di SDN 1 Ketewel, Gianyar Tahun Ajaran 2012/2013.Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 1 Ketewel, Gianyar yang berjumlah 34 yang terdiri dari 22 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Datatentang motivasi dikumpulkan menggunakan kuesioner dan hasil belajarmatematika dikumpulkan menggunakan tes. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan (1) terjadi peningkatan persentase rata-rata motivasi belajar matematika sebesar 5,81% dari 76% pada siklus I berada pada kriteria sedang menjadi 81,81% berada pada kriteria tinggi pada siklus II, dan (2) terjadi peningkatan persentase rata-rata hasil belajar matematika siswa sebesar 10,18% dari 70% pada siklus I berada pada kriteria sedang menjadi 80,18% pada siklus II berada pada kriteria tinggi. Ketuntasan klasikal hasil belajar matematika meningkat sebesar 17,64%dari 67,65% pada siklus I menjadi 85,29% pada siklus II.Jadi, simpulan dari penelitian ini, melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan media VCD dapat meningkatan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 1 Ketewel, Gianyar Tahun Ajaran 2012/2013. Kata-kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif STAD,Media VCD, Motivasi, dan Hasil Belajar.