PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI DI DESA KALIBUKBUK

Main Author: I Gst.A. Tri agustiana, Ni Wyn. Rumpi Adnyani, Drs. I Nym Wirya
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: MIMBAR PGSD Undiksha , 2013
Online Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/875
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/875/747
Daftar Isi:
  • AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk: mengetahui perbedaan hasil belajar IPA yangsignifikan antara siswa yang mengikuti model pembelajaran sains teknologimasyarakat (STM) dan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensionalpada siswa kelas V semester genap tahun pelajaran 2012-2013 di Desa KalibukbukKecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng. Jenis penelitian ini adalah eksperimensemu (quasi experiment). Dengan rancangan penelitian menggunakan nonequavalen post-test only control group design. Adapun populasi yang digunakandalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri di Desa Kalibukbuk diKecamatan Buleleng sebanyak 106 orang siswa. Selanjutnya sampel penelitianditentukan dengan teknik random sampling Sampel yang terpilih, yaitu SD No.2Kalibukbuk yang berjumlah 24 orang sebagai kelompok eksperimen dan SD No.3Kalibukbuk yang berjumlah 23 orang sebagai kelompok kontrolMetode pengumpulandata dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yakni tes objektif.Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistikdeskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. Berdasarkan hasil analisis data yangdidapat nilai rata-rata siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pembelajaranSTM lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata siswa yang mengikutipembelajaran konvensional (X2 = 24,37>X2 14,13). Selain itu hasil analisis uji-tdiperoleh thitung lebih besar dibandingkan dengan ttabel (thitung =8.60 >ttabel = 2.02) iniberarti bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yangbelajar dengan model sains teknologi masyarakat (STM) dan siswa yang belajardengan model konvensional. Dengan demikian model pembelajaran STMberpengaruh terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V semester genap tahunpelajaran 2012-2013 di Desa Kalibukbuk Kecamatan Buleleng Kabupaten BulelngKata kunci: model pembelajaran STM, hasil Belajar IPA